Pages

Sabtu, 24 Desember 2011

SEKILAS TENTANG ALAT MUSIK DRUM

Drum adalah suatu alat musik yang termasuk ke dalam perkusi, yang dimainkan secara di pukul dengan tangan atau alat yang disebut stik. Dalam music pop, rock, jazz, dll, drum yang di gunakan adalah drum yang mengacu kepada drum kit atau drum set di bagianya terdapat senar, tom 1, tom 2, floor tom, bass drum, cymbal dan hi-hat. Sekarang drum sudah ada yang electrik dimana suara-suara itu dari drum bisa kita ubah dan banyak pilihan di drum electric tersebut. 

Orang yang memainkan alat music drum set disebut juga sebagai drummer.
Alat music drum sudah ada kira-kira 6000 SM, MESOPOTAMIAN EXCAVATIONS ditemukan kecil silinder drum tanggal 3000 SM. Di gua-gua di peru, ada lukisan di dinding gua peru yang ditemukan, tanda-tanda cara memainkan drum. Budaya suku afrika juga diandalkan bermain drum, kebanyakan mereka menggunakan alat music drum untuk menyampaikan pesan dan untuk mengekspresikan diri.

Suatu ketika ditemukan dalam sejarah bahwa salah satu pemain drum bisa memainkan dua atau tiga drum lebih, masyarakat mulai menempatkan drum menjadikanya menjadi satu, bukan hanya itu para musisi atau pemain drum juga memainkan drum dari berbagai budaya dan mencoba menempatkanya menjadi satu set drum. Pada awal 1930an ditemukan trik baru, para musisi menemukan tempat penempatan yang pas untuk alat musik drum dengan satu pemain, dan kelompok drum tidak dipakai lagi, sekarang disebut dengan satu set drum. Ganda adalah salah satu permainan tambur drum bermain lebih dari satu drum yang berasal dari cina yang telah di tambahkan ke drum kit, cowbells, kayu balok, dan bunyi gonta lonceng.

ini yang disebut drum elektrik.

satu set drum 

Pada tahun 1930 drum kit telah dibuat dengan bentuk beberapa instrument yang mengeluarkan berbagai suara jika dipukul di tempat yang berbeda, terdiri dari hi-hat,cymbal,bass drum,tom-tom, senar drum dan gembrengan gantung .
1960 an melihat kebangkitan musisi rock drummer, yang dimulainya pengembangan drum kit dengan double bass, tom-tom kecil  berbagai ukuran, cymbal dan masih banyak lagi, sedangkan satu set drum digabung menjadi dua drum set dengan penempatan yang pas. Kemudian munculah elektrik drum yang lebih modern dan praktis karena di desain dengan berbagai bentuk. Di elektrik drum juga terdapat colokan jack yang bisa kita masukan headset jadi ketika kita mainkan tidak terdengar suara keluar .

SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar

followers

template tagland. Diberdayakan oleh Blogger.