Pages

Jumat, 13 April 2012

PERBANKAN BEREBUT JAMAAH UMRAH


Oleh : Cirta listya rini
Himpunan penyelanggara umrah dan haji (himpuh) memprediksi jumlah jamaah umrah tahun ini naik sekitar 30% dari tahun lalu atau sebanyak 300 ribu orang. Jumlah itu akan terus melonjak pada tahun-tahun mendatang seiring dengan makin panjangnya daftar tunggu (waiting list) jamaah haji nasional. Pertumbuhan jamaah umrah yang menggembirakan tersebut rupanya telah melahirkan ide bisnis bagi kalangan perbankan, khusunya bank syariah. Lewat produknya,mereka kini gencar menawarkan kemudahan fasilitas perjalanan ke tanah suci. Fasilitas yang di tawarkan mulai dari tabungan umrah, dana talangan umrah, sampai mengangsur lewat kartu kredit.
Salah satu bank yang menawarkan kemudahan pembiayaan umrah adalah bank muamalat. Bank berbasis syariah ini menyediakan tabungan iB muamalat umroh bagi nasabahnya yang ingin ke tanah suci. Direktur complaint and risk management muamalat, Andi buchory mengatakan, tabungan Ib muamalat umroh diluncurkan seiring dengan semakin besarnya minat masyarakat untuk menjalankan umrah. “Kita melihat adanya minat beribadah umrah yang terus meningkat,” katanya.   
Tabungan Ib muamalat umroh menjadi satu paket dengan dana talangan umrah. Nasabah,kata dia, bisa memilih sendiri apakah ingin berangkat setelah tabunganya cukup, atau langsung berangkat dengan bantuan talangan dana umrah. Produk tabungan ini menyasar individu yang sudah memiliki penghasilan tetap, tanpa diwajibkan menggunakan agunan.          
Namun, penawaran paket ini, hanya melalui biro travel mitra bank muamalat. Untuk melancarkan pelayanan perjalanan umrah, bank ini menggandeng 22 konsorsium biro perjalanan haji, seperti Zulindo, Paradiso, dan banyak lagi. “kami bekerja sama dengan himpuh,” paparnya.
Tabungan Ib muamalat umroh, lanjut Andi, cukup memberikan kontribusi bagi bank muamalat. Namun, kontribusinya belum sebesar tabungan haji. Saat ini, bank muamalat memiliki beragam produk, antara lain tabungan muamalat, tabungan muamalat dolar,tabungan muamalat pos,tabungan haji arafah plus, tabungan muamalat umroh, dan tabunganku.   
Bank syariah mandiri juga menawarkan fasilitas pembiayaan umroh lewat produk talangan umroh. Hanya dengan setoran awal Rp 500 ribu, maka nasabah sudah mulai bisa mempersiapkan dan merencanakan keberangkatan ke tanah suci sesuai dengan kemampuan dan waktu. Bahkan, nasabah dapat memilih jadwal keberangkatan sesuai dengan keinginanya. 
Sementara itu, bank syariah bukopin memasilitasi nasabahnya untuk melakukan perjalanan umroh dengan menabung di tabungan Ib rencana multiguna. Namun, kata direktur utama bank syariah bukopin riyanto, dana talangan umrah masih kecil. “ini masuk ke tabungan IB rencana multiguna. Biasanya nasabah yang menabung itu di kota-kota besar, terutama middle to up class yang memang merencanakan kondisi finansial di masa depan,” tutur Riyanto.

Dikutip dari : REPUBLIKA SENIN,02/04/2012

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantab

Posting Komentar

followers

template tagland. Diberdayakan oleh Blogger.